Cara Setup Network Ubuntu Server 18.04 pada Proxmox

Ubuntu

Konfigurasi network pada Ubuntu Server 18.04 berbeda dengan ubuntu versi sebelumnya. Versi sebelumnya menggunakan file konfigurasi pada /etc/network/interfaces, sedangkan pada versi ini, ubuntu menggunakan tools bernama netplan.

Netplan menggunakan file yaml untuk melakukan konfigurasi. Hal ini menyebabkan indentasi menjadi aspek yang sangat penting. Gunakan spasi untuk melakukan indentasi, dan jangan menggunakan [tab]. Kemudian, gunakan jumlah spasi yang sama untuk setiap indentasi.

Berikut ini adalah contoh konfigurasi network untuk VM yang berada di Proxmox, menggunakan subnet /32 dan gateway IP yang tidak sama dengan range IP subnet

ls /etc/netplan/

root@master1:~# ls /etc/netplan/
50-cloud-init.yaml

vi /etc/netplan/50-cloud-init.yaml

network:
  renderer: networkd
  ethernets:
    ens18:
      dhcp4: no
      dhcp6: no
      addresses: [1.2.3.4/32]
      # gateway4: x.x.x.x
      nameservers:
        addresses: [1.1.1.1,1.0.0.1]
      routes:
        - to: 0.0.0.0/0
          via: 9.9.9.9
          on-link: true
  version: 2

Penjelasan:
renderer: Netplan dapat menggunakan 2 jenis renderer, yaitu network manager dan networkd. Network manager biasa digunakan untuk ubuntu versi desktop, sedangkan networkd untuk server.
ens18: Nama network interface. Muncul di file 50-cloud-init.yaml secara otomatis, bisa berupa nama lain seperti ens32, dan sebagainya.
gateway4: Digunakan untuk set default gateway jika default gatewaynya masuk ke IP range subnetnya. Pada kasus ini, kita tidak bisa menggunakan gateway4 karena IP gatewaynya diluar range subnet
nameservers: List DNS server yang ingin dipakai
routes:
to: 0.0.0.0/0: ke semua ip address
via: 9.9.9.9: Akan dilewatkan ke IP 9.9.9.9 (IP dari host server)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *