Install KDE Desktop pada Manjaro

Beberapa waktu yang lalu, penulis menemukan sebuah thread di forum Manjaro mengenai integrasi Deepin dengan Arch (yang dalam kasus ini adalah “induk” dari Manjaro). Pada thread tersebut, developer menyebutkan bahwa integrasi Deepin desktop yang pada aslinya tidak menggunakan metode rolling release, sulit untuk diintegrasikan ke Arch yang menggunakan rolling release, karena Deepin desktop sendiri masih tergolong berumur cukup muda, sehingga stabilitas desktopnya di Arch cukup sulit untuk dijaga. Penulis merasakan sendiri beberapa kali bug bermunculan, seperti dock yang tiba-tiba hilang, terminal yang tiba-tiba tertutup sendiri, screen recorder yang secara default terjadi flickering , dan lain sebagainya. Oleh karena hal itulah akhirnya penulis mengubah desktop dari Deepin ke KDE, karena KDE adalah desktop kedua yang menurut penulis memiliki tampilan yang bagus selain Deepin desktop. Selain itu, Manjaro KDE juga merupakan versi Manjaro official sehingga lebih stabil (Manjaro Deepin hanya menjadi versi community).

Ada 2 cara untuk mendapatkan Manjaro dengan desktop KDE. Cara pertama melakukan install ulang menggunakan iso Manjaro official. Yang kedua menginstal desktop KDE menggunakan package manager.

Download dan Install Ulang menggunakan Manjaro KDE official

Cara ini adalah cara yang paling direkomendasikan. Dengan melakukan install ulang, pengalaman menggunakan desktop KDE yang sepenuhnya dapat dirasakan. Manjaro KDE official dapat didownload di link https://manjaro.org/download/kde/.

Halaman website Manjaro KDE

Install Desktop KDE Menggunakan Package Manager

Cara kedua adalah menginstal desktop KDE, sehingga akan terdapat 2 desktop environment (pada kasus ini, Deepin dan KDE terinstal secara bersamaan). Cara kedua ini memiliki karakteristik desktop KDE dan Deepin yang tercampur aduk, sehingga kurang direkomendasikan. Sebenarnya desktop Deepin yang sudah terinstal bisa dihapus secara bersih, namun proses tersebut cukup beresiko karena ada kemungkinan package yang seharusnya masih dibutuhkan oleh sistem dapat ikut terhapus, sehingga lebih aman apabila desktop yang lama kita biarkan saja.

Install KDE desktop in Manjaro

Full output dari proses install dapat dilihat pada tautan berikut

Source: https://linuxhint.com/install_kde_manjaro_linux/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *